RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi Pokok :
Ekosistem
Alokasi
waktu : 1 pertemuan (1 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti:
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
3.
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar
KD
pada KI 1:
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
1.3
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
KD pada KI 2:
2.1
Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan
menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan
percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
KD pada KI 3:
3.9. Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang
ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.
KD pada KI 4:
4.9
Mendesain
bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk
media.
C.
Indikator
Indikator KD 1:
1.1.1
Bersyukur kepada Tuhan atas segala yang diberikan terutama
semua komponen yang menyusun lingkungan dimana kita dapat tinggal dan
memanfaatkan apa yang ada disekeliling kita
1.2.1
Bersyukur
terhadap adanya kemampuan pikiran yang diberikan dan dimiliki sehingga kita
dapat mengolah/ menalar dengan berpikir ilmiah
1.3.1
Menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi
pengamalan ajaran agama masing-masing.
Indikator KD 2:
2.1.1
Mengumpulkan informasi berdasarkan fakta yang ada lingkungan (observasi) dengan
jujur, teliti dan bertanggung jawab.
2.2.1
Menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
Indikator KD 3:
3.9.1
Menjelaskan komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi antar
komponen
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan komponen ekosistem
2.
Diberikan gambar interaksi, siswa dapat membuat rantai makanan
E.
Materi Pembelajaran
1. Komponen ekosistem
2. Rantai Makanan
3. Jaring-jaring makanan
F. Metode pembelajaran
Model : Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Pendekatan : saintifik
Metode : ceramah, diskusi, observasi,
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Pendahuluan (10 menit)
|
|
·
Menyiapkan siswa untuk memulai pelajaran
·
Apersepsi
pelajaran sebelumnya
|
Siswa
menyimak penyampaian dan penjelasan guru
|
Kegiatan inti (30 Menit)
|
|
·
Menyampaikan tujuan dan menyiapkan peserta
didik
·
Menyampaikan materi pembelajaran
·
Memberikan beberapa pertanyaan
·
Membuat tabel komponen biotik dan abiotik
·
Membagikan gambar kepada siswa
·
Menghubungkan gambar yang telah disiapkan dengan tanda panah, berdasarkan informasi dari siswa
·
Menginstruksikan
siswa untuk membuat rantai makanan dari gambar yang telah di hubungkan tadi
|
·
Menyimak penjelasan
guru
·
Menyimak materi
pembelajaran
·
Menjawab pertanyaan
dari guru
·
Mengamati gambar
diberikan oleh guru
·
Menyebutkan isi
gambar yang diberikan oleh guru
·
Menyebutkan rantai
makanan yang mungkin berdasarkan gambar di papan tulis
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|
·
Meminta beberapa
siswa untuk memberi kesimpulan
·
Memberikan tugas (pekerjaan
rumah)
· Menyampaikan
persiapan untuk pertemuan berikutnya
|
·
Memberi kesimpulan terhadap apa yang telah
dielajari
·
Menerima tugas dengan baik
·
Mendengarkan penyampaian guru
|
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian :
tanya-jawab, penugasan
2.
Instrumen penilaian :
beberapa pertanyaan yang diajukan oleh guru, LKPD
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
I.
Media/alat, bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/ alat dan bahan : Kartu bergambar
(proses makan dan dimakan), karton
bergambar, spidol, penghapus papan tulis, portfolio
Sumber Belajar : Buku SMA Kelas X
Penerbit Erlangga, Depdiknas, buku-
buku lain yang relevan, lingkungan rumah dan
lingkungan sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar