Kamis, 05 Februari 2015

MEKANISME IMPULS SARAF

MEKANISME IMPULS SARAF



Pesan ditransmisikan dari otak ke kaki oleh neuron (sel saraf). Setiap neuron memilki akson panjang yang berawal dari dasar spinal cord dan berakhir pada otot di kaki. Akson mengonduksi pesan elektrikal yang disebut potensial aksi. Listrik dihasilkan dari pembalikan tiba-tiba pada membrane sel, dari bermuatan positif menjadi bermuatan negative dan sebaliknya. Akson dibungkus atau dikelilingi dengan sel saraf Schwann yang membantunya mentransmisikan potensial aksi lebih cepat.

Potensial aksi ini lebih umum dikenal dengan istilah impuls yang secara sederhana diartikan aliran listrik local yang melewati akson pada neuron. Pada keadaan istirahat, bagian luar sel saraf lebih elektro positif sedangkan bagian dalamnya lebih elektro negatif. Ketika terjadi potensial aksi, maka posisinya akan terbalik, bagian luar sel saraf menjadi lebih negatif. Namun, setelah potensial aksi itu berlalu, maka membrane sel saraf akan kembali pada keadaan semula.
Pada keadaan isirahat (tidak mentransmisikan pesan listrik), ion Na+ dan K+ berpindah menuruni gradient konsentrasinya pada membran, menuju sisi sebaliknya. Perpindahan ion ini dilakukan dengan melewati saluran masing-masing. Sementara itu, ada pompa khusus yang mempertahankan gradient konsentrasi Na+ dan K+ dengan memompanya kembali pada sisi semula. Dimana Na+ di luar sel saraf dan K+ di dalam sel saraf. Pada satu kali pemompaan Na+, dikeluarkan tiga ion sedangkan pada satu kali pemompaan K+, hanya dimasukkan dua ion. Hal inilah yang menyebabkan bagian luar sel saraf bermuatan positif jika dibandingkan dengan bagian dalam. Ini disebut juga potensial istirahat.
Langkah pertama pada pengiriman sinyal (potensial aksi) disebut depolarisasi. Peristiwa ini adalah saat dimana bagian dalam sel saraf menjadi lebih positif dibandingkan bagian luarnya. Langkah kedua adalah repolarisasi, yang merupakan kebalikan dari depolarisasi. Setelah itu, maka sel saraf kembali pada keadaan potensial istirahat.
Penjelasan lebih rinci tentang depolarisasi dan repolarisasi tidak dapat dituliskan, sebab animasi yang dibagikan hanya sampai pada bagian depolarisasi, tepatnya pada menit ke- 05:22.



0 komentar:

Posting Komentar